TYPE KONDUKTOR LISTRIK (PART 1)

TIPE KONDUKTOR

Type konduktor yang paling utama terdiri dari 6 tipe, antara lain adalah :

  1. Tipe konduktor Round (dipilin bulat) dengan istilah (Rm)
  2. Konduktor Compact/Compression (dipilin bulat dipadatkan) dengan istilah (Cm)
  3. Konduktor Sektor/Sector (dipilin sektor dipadatkan, berbentuk segitiga/segment)
  4. Konduktor Solid bulat (single wire/kawat) dengan istilah (Re)
  5. Konduktor Solid sector dengan istilah (Se)
  6. Konduktor Flexible / Serabut (gabungan kawat berdiameter sangat kecil dan banyak) dengan istilah (Fx)
  7. Konduktor Round Shape (TW, Aerial Z), konduktor dengan wire berbentuk Trapezoidal/TW dan berbentuk Z. (termasuk kelompok Bare Conductor, HTLS)

Banyak pengguna yang belum mengerti mengenai hal ini atau terkadang salah kaprah dalam penyebutannya. Dasar dasar konduktor ini perlu anda pahami sebelum beranjak pada pemahaman tentang kabel lisrik. Karena pada dasarnya, kabel listrik terdiri dari konduktor sebagai penghantarnya. dan hampir 70 % material kabel adalah konduktor itu sendiri.

Type type konduktor ini yang menjadi dasar terbentuknya ratusan hingga ribuan jenis Kabel Listrik dengan penamaan tertentu yang sering anda temui dan dipakai sehari – hari. Sebagai contoh sederhana, kabel NYM 3 x 25 mm2 Re, adalah kabel listrik yang menggunakan type konduktor solid wire (Re) yang terdiri dari 3 kawat. Contoh lain adalah Kabel NYY 240 mm2 Rm. Kabel ini menggunakan konduktor pilin bulat (strand) dengan type konduktor Rm.

Perlu anda ketahui juga bahwa type konduktor tadi akan dibuat menjadi beberapa kelompok Kabel Listrik seperti :

  1. INSULATED CABLE (Kabel Berisolasi), NYY, NYM, NA2X, N2XFGby, NYYHY dll.
  2. BARE CONDUCTOR (Kabel Telanjang, Kabel Udara), ACSR, BCC-SOFT & HARD, AAAC, ACCC/TW, GAP Conductor, STACIR, ACCR dll.
  3. TWISTED CABLE (Kabel udara dipilin/twisted & berisolasi), NFA2X, NFA2X-T, dll

Itu hanyalah kelompok saja, jenis2 dengan penamaan kabel nya bisa mencapai ratusan seperti contoh yang bisa anda dapatkan di free pdf files kami.

Masih bingung ???

Okey, mungkin seperti ini………anda tentu tahu mobil kan ? berapa banyak jenis mobil yang beredar ? banyak sekali. Namun type mobil hanya terdiri dari beberapa yang utama seperti :

  1. Type Sedan
  2. Type Truck
  3. Type Minibus
  4. Type Bus
  5. Type MPV / SUV

Type Truck akan dibagi lagi menjadi kelompok lain seperti Truck kecil roda 6, sedang ; roda 10, besar ; roda 14 dan seterusnya dengan penamaan Hino, Mercedes, Mitsubishi dengan kode angka dan huruf tertentu. Belum lagi jenis dari Mitsubishi atau Mercedes itu sendiri,  tentunya terdapat varian truck dibawahnya dan itu baru dari beberapa brand mobil saja.

Baiklah, mari kita kita kembali untuk mmperdalam apa arti dan fungsi dari masing – masing konduktor di atas sebagai dasar pembuatan kabel  :

ROUND CONDUCTOR (Rm)

Konduktor round atau bulat dibuat dengan cara memilin beberapa jumlah kawat dengan diameter tertentu menggunakan mesin Stranding (Stranding Machine).

konduktor type round

Konduktor jenis Round ini cukup mudah diproses (Cu maupun Al) produksi dan tidak terlalu mahal. Kabel yang termasuk ke dalam golongan Rm antara lain ACSR, BCC-H (hard) & BCC-Soft.

Untuk kabel yang masuk ke dalam golongan Bare Conductor dengan menggunakan type Rm ini antara lain adalah ACSR, BCC-H (hard) & BCC-Soft, AAAC.

konduktor round aluminum

Selain itu Konduktor  HTLS (High Temperature Low Sag) pun juga termasuk ke dalam golongan ini (Round) seperti ACCR.

Kelompok Insulated Cable yang menggunakan type Rm pun cukup bervariasi seperti NYY, NA2X.

Konstruksi konduktor mulai dari 7 kawat, 19, 37, 61, 91 127, dst. ……(silahkan perdalam tentang Konstruksi Konduktor disini).

Stranding die yang dipakai lebih besar dari total diameter, Misalkan total diameter konduktor adalah 20,0 mm, maka die yang dipakai adalah minimal 20,25 mm, 20,5 dan maksimal 21,0 mm.

Kabel yang dipakai hanya untuk tegangan rendah (low voltage, sekitar 1 Kv ; 1000 volt)

KONDUKTOR COMPACT 

ROUND COMPACTED CONDUCTOR (CM)

Compacted Conductor atau (Cm) adalah pengembangan dari konduktor Round. Bentuk penampangnya lebih padat karena kawat dipaksa masuk melalui sebuah die (stranding die) yang lebih kecil dari total diameter konduktor per layer/lapisan. Misalkan diameter totalnya adalah 20,0 mm maka die yang dipakai berukuran 19,5 atau dibawahnya tergantung tingkat kompresi/compact yang diinginkan. Semakin kecil diameter die, maka semakin tinggi tingkat kompresi, maka konduktor akan semakin padat.

konduktor-compact-al

Bentuk kawat tidak lagi bulat, melainkan seperti terpotong/tersayat/ ter “papras”, ada bagian yang rata akibat ter compact oleh die stranding.

Berikut adalah contoh lain penampang dari arah depan :

Penampang konduktor Compact - cm

Keunggulan dari konduktor compact adalah kontak antar wire akan lebih baik sehingga tahanan konduktor/kabel bisa lebih baik (lebih kecil dibanding tahanan type Round). Diameter konduktor/kabel bisa lebih kecil, berat konduktor lebih ringan meski dengan luas penampang yang sama dengan type round (misal size 240mm2 Rm dengan 240mm2 Cm).

Konduktor compact baik digunakan untuk Tegangan menengah (Medium Voltage, 20 Kv) sampai dengan Tegangan Tinggi (High Voltage, 150 Kv).

SECTOR COMPACTED CONDUCTOR (Sm)

Type konduktor berikutnya yang juga menggunakan cara pemadatan/kompressi adalah konduktor SEKTOR atau dikenal dengan istilah Sm.

Bedanya adalah, round compact menggunakan die stranding compact bentuk bulat, sedangkan sektor menggunakan Roller. (silahkan lihat lebih dalam bentuk roller compact dan bentuk Sekor disini)

Keunggulan type ini adalah hasil diameter kabel secara keseluruhan akan lebih kecil karena konduktor sektor ini nantinya akan disatukan (setelah diisolasi di mesin ekstruder) dengan Proses Cabling. Mengapa lebih kecil ? Konsep dari kabel ini adalah seperti satu lingkaran yang anda bagi – bagi menjadi beberapa bidang/sektor seperti pada contoh :

sector-cable

Manfaat lain adalah gaya gesek roll compact terhadap konduktor yang akan dibentuk lebih rendah daripada menggunakan Die.

Kecepatan proses produksi (stranding) lebih tinggi, bisa mencapai 60 m/min, sedangkan compact round dengan die hanya mampu sebesar 15 m/min.

Bentuk sektor dibagi menjadi dua yaitu kabel sektor 4x (sudut sektor 90 derajat) dan sektor 3x (sudut 120 derajat). Mungkin anda sudah pernah mendengar seperti contoh sektor 4 x 240 Sm atau 3 x 150 Sm, yang berarti mempunyai 4 buah core sektor dan 3 buah core dalam satu kabel.

Biasa digunakan untuk Low Voltage.

KONDUKTOR SOLID (SOLID CONDUCTOR)

Beda lagi dengan konduktor yang satu ini. Tidak tanggung – tanggung, satu bentuk konduktor yang benar – benar solid dengan istilah (Se) yang dibuat dengan sistem EXTRUDE seperti gambar :

solid conductor al

Sudah jelas, tahanan konduktor ini akan sangat kecil/rendah (baik) karena tidak ada celah seperti type Rm atau Cm/Sm (meski celah kecil). Namun demikian, tidaklah mudah untuk memproduksinya. Kita ingat bahwa konduktor yang terbuat dari susunan kawat yang disatukan (dipilin/strand), bertujuan untuk meningkatkan fleksibilasnya terhadap deformasi (tekukan). Sedangkan dengan bentuk solid yang kaku seperti ini, tentu saja tidak mudah. Salah satu cable manufacturer yang handal untuk membuat ini adalah MIDAL CABLES dari saudi Bahrain. Spesialis konduktor overhead ini sudah teruji kualitasnya.

Nantikan pembahasan selanjutnya di PART 2…

Semoga bermanfaat, salam….

Read more : 

Cara Perhitungan Konduktor

ILMUKABEL LIVE LOGO

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *