SAG CALCULATION with CCP SOFTWARE (PART 1)

Sag Calculation – ILMUKABEL.COM

Sag Calculation atau Perhitungan Sag/andongan overhead conductor (konduktor yang dipasang pada tower transmisi) dapat dengan mudah dilakukan menggunakan CCP software. Software ini dapat diinstall di komputer atau laptop kita dengan tampilan EXCEL. Dibuat oleh CTC Global, produsen Composite Core yang dipakai di konduktor ACCC/TW sebagai pengganti steel strand pada ACSR konvensional (silahkan membuka kembali tentang ACCC di PART 1 ). Sag atau andongan itu sendiri secara sederhana adalah lengkungan ke bawah yang terjadi pada konduktor antara tower/menara transmisi (dalam satuan meter atau feet). Sag akan bertambah manakala suhu konduktor meningkat saat diberi arus (lihat kembali tentang sag di PART 3)

Dilihat dari arti CCP itu sendiri yaitu “Conductor Comparison Program”, maka perhitungan Sag disini sebenarnya adalah merupakan salah satu bagian saja  dari keseluruhan perhitungan konduktor yang ada. Program ini dibuat untuk memudahkan user dalam melakukan analisa/perbandingan diantara beberapa type dan size konduktor sekaligus tanpa perlu menghitungnya satu persatu (misalnya : konduktor jenis ACCC/TW vs ACSR vs TACSR vs ACSS vs ACCR). “Oya..apakah anda pernah mencoba menghitungnya secara manual dengan rumus ?? saya jamin pasti pusing, ha ha ha….”

Didalam program ini memuat beberapa perhitungan penting yang diperlukan pada konduktor overhead diantaranya adalah :

  • Parameter konduktor seperti DC & AC resistance, Rated strength, Ampacity dll
  • Line Losses (rugi – rugi) yang timbul pada transmisi dalam (MWh), bahkan menghitung juga cost yang timbul pada kurun waktu tertentu sampai 30 th (dalam $)
  • Generation Saving (Penghematan Pembangkitan Listrik). Pembangkit listrik menggunakan gas, minyak, coal dll yang harganya cukup mahal. Perancang harus tahu konduktor mana yang mempunyai losses tinggi dan tidak, sehingga baik secara langsung atau tidak langsung dapat menghemat biaya sumber daya pembangkit.
  • Initial Sag/Initial Tension
  • Sag/Tension pada suhu tertentu (sag pada suhu “peak”, “rated operating”, pada “maximum operating” dll)
  • Sag/Tension pada suhu beku/salju, sag terhadap angin kencang (Wind/ice/cold). Biasanya pada negara tertentu dengan suhu super dingin (katakanlah -20 ˚C) dan goncangan karena tiupan angin yang sangat kencang atau badai perlu dilakukan perhitungan sag tersendiri. Sag dan tension pada tower tentunya akan berbeda pada situasi tersebut. Program ini sudah diperbaharui dan sudah dapat menghitungya.
  • Knee Point Sag Temperature

Berikut adalah snapshot tampilan awal dari salah satu contoh hasil perhitungan perbandingan konduktor dengan menggunakan CCP Software.

(Klik pada tiap gambar untuk memperjelas)

CCP_VIEW 01

Berikut ini contoh perbandingan konduktor dari beberapa type konduktor (ACCC LISBON, ACSR HAWK, Hi-STACIR, ACSS/TW). Dalam pemilihan type konduktor dan size, kita tidak perlu mengetik, cukup klik pada kolom type konduktor dan size konduktor maka akan keluar daftar yang tersedia.

CCP view_conductor

Dan ini adalah contoh hasil perhitungan Sag/andongan nya :

CCP SAG VIEW_OK

Kolom sebelah pertama disebelah kiri menjadi  “base” / basis konduktor  yang akan dibandingkan dengan jenis konduktor lain di 3 kolom sebelah kanan.

Saya ambil satu contoh saja yaitu untuk ACCC sag dan ACSR sag pada kondisi Maximum Operating Temperature nya, yaitu pada kolom pertama (ACCC_LISBON) adalah 5.8 meter dan pada kolom kedua (ACSR 477-HAWK) adalah 6.55 meter (note : kondisi cuacanya saya coba hitung pada kondisi suhu dingin -20 ˚C dan kecepatan angin 64.4 km/jam). Perlu dicatat bahwa hasil perhitungan dengan beberapa asumsi cuaca dan atau penentuan parameter lain yang dimasukkan akan menghasilkan Sag yang berbeda – beda pula. Yang diharapkan adalah nilai Sagging yang kecil, sehingga clearence/jarak aman dari konduktor terhadap tanah lebih besar.

Dengan perhitungan manual mungkin dapat menghabiskan waktu berjam – jam serta menghabiskan 5 sampai dengan 10 cangkir kopi, namun dengan CCP Software ini, cukup 10 menit saja, dan anda akan akan mendapatkan hasil perhitungannya sebelum kopi anda habis….”traalaaa”….

Bukan hanya perhitungan Sag/andongan saja namun perhitungan lainnya pun akan anda dapatkan seketika. Selain itu anda akan mendapat bonus lain berupa tampilan grafik  agar memudahkan analisa kita seperti gambar berikut : CCP_SAG GRAFIK

OR WATCH THE VIDEO :

Masih banyak fitur – fitur lain yang tersedia dalam program ini, penasaran….. ?? nantikan ulasan selanjutnya di CCP_PART 2

Tune on …..ilmukabel, thanks

Note : agar tidak mengambil seluruhnya data yg tertera pada tabel di atas, karena memerlukan input data/parameter lain disesuaikan dengan keadaan (data di atas hanyalah sebagai contoh atau ilustrasi)

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *