KONDUKTOR/PENGHANTAR (LISTRIK)

KONDUKTOR/PENGHANTAR (LISTRIK)

(untuk pemula/beginner)

Konduktor/penghantar listrik biasa kita sebut dengan sebutan “kabel”…..betulkah…? mari kita telisik bersama dibawah ini :

Jika kita lihat saat membeli kabel…katakanlah NYY 2 x 2.5 re (terlihat tulisan/printing di selubung/isolasi kabel tersebut), jika kita kupas maka didalamnya terdapat 2 kawat/wire tembaga berwarna keemasan berbentuk solid, kawat tersebutlah yang sebenarnya menghantarkan listrik.

Tiap kawat/wire tersebut lalu dibungkus dengan isolasi sebagai isolator (biar ga nyetrum) dan akhirnya sering disebut kabel.

NYM 3 X 2.5

(contoh printing pada kabel)

“Lalu mas bro…kalo ada tulisan di kabel “NYY 1 x 300 mm2 RM”, truss..NA2X 1 x 240 mm2 RM, atau NA2X…. 3 x 150 mm2 CM apa maksudnya ?”….

Waah, agak berat pertanyaannnya, namun untuk menjawabnya anda mesti tahu dulu hal – hal dasar yang akan saya jelaskan dibawah ini (silahkan bikin kopi dulu, karena perlu konsentrasi lebih dalam)

Untuk menjadi sebuah kabel perlu ada konduktor didalamnya. Bagaimanakah urutan – urutan prosesnya secara singkat ?

1. Dimulai dari Proses Drawing/penarikan kawat :

Proses drawing adalah proses penarikan kawat Alumium atau Tembaga dengan menggunakan sebuah mesin yang disebut mesin drawing. Prinsip kerjanya adalah dengan menarik kawat melalui satu atau beberapa die/cetakan berbentuk bulat yang keras atau tahan gesek secara bertahap dari diameter kawat yang lebih besar ke lebih kecil (misal dari diameter 7.5 mm sampai terkecil 1.35 mm atau bahkan sampai diameter 0.5 mm misalnya). Dilakukan secara bertahap tujuannya untuk menghindari kawat putus saat ditarik.

2. Proses Stranding/memilin kawat

Setelah kawat dibuat dapat dilanjutkan dengan memilin kawat tsb atau proses stranding (untuk contoh NYY 2×2.5 re tidak melalui tahap ini, namun langsung ke proses isolasi karena hanya 2 kawat saja didalamnya).

Bisa disebut proses stranding karena berfungsi untuk menyatukan/memilin beberapa kawat hasil proses drawing. Misalnya 7, 12,19,37,61,91 kawat. Ini termasuk dalam istilah konstruksi konduktor. contoh : konstruksi diameter 3.25 mm x 19 kawat, berarti kawat diameter 3.25 mm akan disatukan/dipilin menggunakan mesin stranding dengan aturan misalnya  1+6+12 kawat = 19 kawat.IMG0839A

(contoh gambar saat pemilinan kawat melalui sebuah die stranding)

Hasil proses ini bisa disebut dengan Konduktor.

3. Proses Ekstrusi/extrusion 

Konduktor hasil stranding dapat dilanjutkan dengan proses ekstrusi dengan mesin extruder yaitu proses menyelubungi konduktor dengan bahan isolator (misal PVC, PE dll) dengan prinsip memanaskan bahan isolator sampai melelah sehingga dapat mudah dibentuk dan menyatu dengan permukaan konduktor dan meyelubunginya untuk mencegah arus listrik tersentuh.

Dari sini sebenarnya kabel sudah jadi….contoh pertanyaan “Om bro” di atas saya ambil saja NYY 1 x 300 mm2 (RM) berarti :

N    = adalah kawat dengan material tembaga (proses drawing)

Y     = adalah isolasi/isolator konduktor dengan bahan PVC (proses isolasi)

1     = ada 1 inti konduktor/core conductor (hasil proses stranding)

300 mm2 = adalah luas ukuran/size penampang konduktor hasil penggabungan beberapa kawat dengan konstruksi/jumlah kawat tertentu (dalam hal ini konstruksinya bisa mencapai 37 kawat dengan aturan diameter kawat 2,47 mm x 1+6+12+18 = 37)

RM = istilah untuk type konduktor “round” atau kawat       digabung/dipilin/distranding secara langsung dari beberapa kawat hasil drawing tadi, nantinya konduktor akan berbentuk bulat/round jika dilihat dari tampak depan

20150220_133015

 gbr penampang / tampak depan dari konduktor round (RM)

So,..sudah ada bayangan apa bedanya konduktor dan kabel ?  ketahui lebih dalam dalam artikel lainnya

Jika ada pertanyaan silahkan comment. Semoga dapat berguna, salam…(jangan lupa habiskan kopinya…)

Bookmark the permalink.

4 Comments

  1. danny handoko

    yang lengkap sekalian sampai selesai proses dong pak…
    salam polish

    • kapan searching nya? nanti post lagi. materi training ada. nanti dicopy saja ya…thank for the comment

      • Wah, ini kerjaan ane sehari2 gan,
        Uda 6 tahun kerja.
        Baik pabrik kabel dalam negeri dan saudi arabia.

        Akan lbh bagus, di post dari ukuran kawat dan ukuran kabel nya dari kecil sampe besar.

        Thanks,

        • agan poer…ok nanti sy post lagi.
          rencananya dari yg sederhana lalu meningkat ke yg lebih sulit.
          tapi ga sempet2. lembur terus di kerjaan.
          btw thanks your comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *